Selasa, 03 Juli 2012

7 perangkat tarbiyah

Berikut ulasn singkat mengenai 7 perangkat tarbiyah :

  1. Halaqah, untuk tamhidi dan muayyid. Halaqah  adalah proses kegiatan tarbiyah dalam dinamika kelompok. Jumlah normal satu halaqah maksimal 12 orang. Murabbi diperkenankan mentarbiyah paling banyak 3 kelompok.
  2. Tatsqif, adalah salah satu sarana sebagai proses pembentukan syakhsiyah dai’yah mutakamilah yang bersifat ilzami melalui pembekalan  ‘ulum islamiyah kepada  peserta tarbiyah.
  3. Daurah dan kursus, adalah forum intensif untuk mendalami suatu tema atau ketrampilan/keahlian tertentut. Diikuti oleh peserta dengan persyaratan tertentut dan dilaksanakan dalam waktu relatif lebih lama.
  4. Ta’lim, adalah bentuk penyampaian mawad tarbiyah tsaqafiah sekaligus tarbiyah jamahiriyah yang diselenggarakan melalui sarana-sarana umum seperti masjid atau majelis ta’lim dengan penamaan ta’lim fil masajid.
  5. Mabit, adalah  salah satu sarana tarbiyah ruhiyah dalam bentuk menginap bersama dengan menghidupkan malam untuk meningkatkan hubungan dengan Allah SWT serta kecintaan kepada Rasulullah SAW. 
  6.       Rihlah, adalah suatu perjalanan rekreasi yang bersifat tarbawi, manhaji, dan tandzimi dengan kegiatan yang disiapkan untuk mencapai sasaran pemulihan dan penyegaran potensi ruhi, fikri, dan jasadi serta penguatan hubungan kemasyarakatan dan kekeluargaan. 
  7.       Mukhayam, adalah sarana penghimpunan , pelatihan dan pengarahan muntasib/muntazim dalam rangka menerapkan nilai Islam pada aktifitas kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar